Penulis / NIM
RUSNAWATI RUSLAN / 441413030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Pembimbing 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstrak
ABSTRAK
Rusnawati Ruslan. 2017. Hubungan Antara Kemampuan Memori Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X IPA 5 SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Weny J. A Musa, M.Si dan Pembimbing II Suleman Duengo, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan memori konsep struktur atom dengan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X IPA 5 SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 5 yang berjumlah 30 orang, dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian korelasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 10 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui kemampuan memori konsep struktur atom dan 14 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan memori konsep struktur atom dengan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Hal ini dapat dilihat dari pengujian hasil hipotesis thitung = 3,05769 â ttabel = 2,052 pada taraf signifikan = 5% (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan memori konsep struktur atom dengan hasil belajar pada materi ikatan kimia siswa kelas X IPA 5 SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo.
Kata Kunci: Kemampuan Memori, Hasil Belajar, Konsep Struktur Atom dan Ikatan Kimia
Download berkas