Penulis / NIM
LISMAWATI SALMAN / 441413035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Abstrak
ABSTRAK
Lismawati Salman, 2017. "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Yang Disertai Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPHP SMK Negeri 2 Gorontalo Pada Materi Sistem Koloid". Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Nita Suleman, ST,MT dan Pembimbing II Dr. Akram La Kilo, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran project based learning (PjBL) yang disertai dengan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Posttest-Only Control Group. Sampel berjumlah 46 siswa SMK Negeri 2 Gorontalo yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 23 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) yang disertai dengan peta konsep sementara kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen, dengan materi sistem koloid. Analisis data dilakukan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil statistika diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 81,32 dan 64,43. Hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel atau (16,96 > 1,681) maka H0 ditolak atau dengan kata lain menerima H1. Maka dengan demikian penggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) yang disertai dengan peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Project Based Learning, Sistem Koloid, Hasil Belajar
ABSTRACT
Salman, Lismawati. 2017. "The Influence of Project Based Learning (PjBL) Model and Concept Map towards Students' Learning Outcome of Colloid System Material in Grade XI TPHP of SMK Negeri 2 Garontalo". Undergraduate Thesis, Study Program of Chemistry Education Departrnent of Chemistry, Faculty of Mathernatics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Nita Suleman, ST, MT. Co-Supervisor: Dr. Akram La Kilo, M.Si.
This research aims to find out Project Based Leaming (PjBL) model and concept map towards students' learning outcome of colloid system material. This is an experimental research by using Posttest-Only Control Group design in which the sample involved 46 students at SMK Negeri 2 Gorontalo consisted of an experiment class and controlled class with 23 students of each class. The experiment class applied Project Based Learning (PjBL) model and concept map, meanwhile the controlled class used conventional learning model. The data were colleeted by using instrument test of the colloid system and then analyzed by applying t-test to test the research hypothesis. Based on statistic result, the post test average scores of experiment and controlled class are 81,32 and 64,43. Data analysis result of students' learning outcome shows that in the significance of 0,05, there is a value of tcount > ttable or (16,96 > 1,681), so that the H0 is rejected and H1 is accepted. Therefore, the use of Project Based Learning (PjBL) model
and concept map influences students' learning outcome.
Keywords: Project Based Leorning, Colloid System, Learning Outcome
Download berkas