Penulis / NIM
WA JUMI / 441413039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK
Wa Jumi, 2018. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XII Menggunakan Soal Tes Open Ended Problem Pada Materi Elektrokimia Di SMA Negeri 1 Telaga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing: (1) Nita Suleman, ST,MT ,(2) Julhim S. Tangio, S.Pd,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Telaga dengan menggunakan tes open ended problem pada materi elektrokimia: mengetahui tanggapan guru terhadap soal open ended problem yang diujikan dan mengetahui tanggapan siswa terhadap soal open ended yang diujikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini 42 siswa kelas XII MIA dan 4 orang guru kimia di SMA Negeri 1 Telaga. Data pada penelitian ini berupa data hasil tes kemampuan berpikir kreatif pada setiap aspek serta hasil tanggapan angket mengenai model soal yang digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek fluency sebesar 61,54% dalam kategori baik, aspek flexibility sebesar 57,85% dalam kategori cukup dan pada aspek originality mencapai 55,12% dengan kategori cukup. Hasil tanggapan angket guru terhadap model soal open ended problem yang digunakan sebesar 100%. Hasil tanggapan angket siswa yang diberikan sebesar 80% siswa memberikan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII SMA Negeri 1 Telaga menggunakan soal tes open ended problem termasuk dalam kategori Baik; (2) Tanggapan guru terhadap penggunaan soal open ended problem yaitu dapat memudahkan guru untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa; (3) Tanggapan siswa mengenai soal tes open ended problem yang digunakan yaitu siswa lebih mudah mengeluarkan pendapatnya.
Kata Kunci : kemampuan, berpikir kreatif, open ended problem, elektrokimia
Download berkas