Penulis / NIM
FEBRIA NURFAIDA / 441413040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
Febria Nurfaida. 2017. Hubungan antara Kemampuan Memori dan Kreativitas dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara (1) kemampuan memori dengan prestasi belajar, (2) kreativitas dengan prestasi belajar, (3) kemampuan memori dan kreativitas dengan prestasi belajar pada materi pokok Termokimia kelas XI SMA TerpaduWira Bhakti Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil 2 kelas dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan metode tes. Teknik analisis data dengan analisis korelasi dan regresi linear. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan memori dengan prestasi belajar siswa, dari uji t diperoleh nilai signifikansi 2,3993 dan koefisien korelasi 0,413. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa,dari uji t diperoleh nilai signifikansi 2,449 dan koefisien korelasi 0,420. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan memori dan kreativitasdengan prestasi belajar siswa, dari uji F diperoleh nilai signifikansi 4,035 dan koefisien korelasi ganda 0,4749.
Kata kunci: Memori, Kreativitas, Prestasi Belajar, Termokimia
Download berkas