Penulis / NIM
DESRY MARPAN / 441413041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
ABSTRAK
Marpan, Desry. 2017. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Dan Kesadaran Metakognitif Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II: Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap sikap dan kesadaran metakognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI (sebelas) di SMA N 1 Kabila dan diperoleh kelas XI MIA.I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA.II sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes yang berbentuk pilihan ganda (objektif). Berdasarkan hasil perhitungan data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf nyata =0,05 nilai thitung > ttabel (ATCLS: 3,39 > 2,01; MAI-Jr: 2,55 > 2,01). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap sikap dan kesadaran metakognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Sikap, Kesadaran Metakognitif, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Download berkas