SKRIPSI

Penulis / NIM
DESRY MARPAN / 441413041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
ABSTRAK Marpan, Desry. 2017. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Dan Kesadaran Metakognitif Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II: Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap sikap dan kesadaran metakognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI (sebelas) di SMA N 1 Kabila dan diperoleh kelas XI MIA.I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA.II sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes yang berbentuk pilihan ganda (objektif). Berdasarkan hasil perhitungan data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf nyata =0,05 nilai thitung > ttabel (ATCLS: 3,39 > 2,01; MAI-Jr: 2,55 > 2,01). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap sikap dan kesadaran metakognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kata Kunci: Problem Based Learning, Sikap, Kesadaran Metakognitif, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011