SKRIPSI

Penulis / NIM
ROSDIAH NATALIA IBRAHIM / 441413044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
Rosdiah Natalia Ibrahim. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Menumbuhkan Minat Wirausaha Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Nita Suleman, ST, MT dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development yang diadaptasi dari model pengembangan pengajaran Sugiyono yang termodifikasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan, terhadap modul yang dikembangkan dengan pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan menumbuhkan minat wirausaha siswa. Sampel pada penelitian ini adalah guru dan siswa sebagai obyek penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, tes, dan uji coba skala kecil. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul memperoleh skor validasi sebesar 76,35% dinyatakan valid menurut validator 1; skor validasi sebesar 88,68% dinyatakan sangat valid menurut validator 2; skor validasi sebesar 76,25% dinyatakan valid menurut validator 3. Data angket yang diberikan kepada siswa menujukkan bahwa kepraktisan modul memiliki rata-rata 86,07% termasuk dalam kategori praktis. Selain itu, modul dinyatakan efektif dalam pembelajaran ditunjukkan dengan perhitungan normal gain yang menunjukkan nilai 0,51 atau termasuk kategori sedang; penumbuhan minat wirausaha siswa dalam kriteria sangat baik dengan skor 84,30%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia dengan pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) dinyatakan valid, praktis, dan efektif, dapat digunakan sebagai sumber belajar yang mampu meningkatkan hasil belajar kognitif dan menumbuhkan minat wirausaha siswa. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Chemo-Entrepreneurship, Hasil Belajar Kognitif, Minat Wirausaha Siswa, Koloid
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011