SKRIPSI

Penulis / NIM
ALDIN LAUDENGI / 441413048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, S.Pd., M.Si / 0011047702
Abstrak
ABSTRAK Aldin Laudengi, 2020. Hubungan Kemampuan Berpikir Visual-Spasial dengan Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Semester IV. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Opir Rumape, M.Si dan Pembimbing II Dr. Akram La Kilo, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir visual-spasial dengan pemahaman konsep hidrolisis garam mahasiswa program studi pendidikan kimia. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan kimia semester IV tahun ajaran 2019/2020. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling purposive sampling, sehingga sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan kimia semester IV yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir visual-spasial dan tes pemahaman konsep hidrolisis garam. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi sederhana (tunggal). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir visual-spasial dengan pemahaman konsep hidrolisis garam mahasiswa program studi pendidikan kimia dengan koefisien korelasi sebesar 0,57 tergolong sedang dan koefisien determinasi sebesar 32,49%. Artinya pemahaman konsep hidrolisis garam mahasiswa program studi pendidikan kimia dipengaruhi oleh kemampuan berpikir visual-spasial sebanyak 32,49% dan sebanyak 67,51% dipengaruhi oleh faktor lain dengan persamaan regresi ... = -1,93 + 0,61X. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Visual-Spasial, Konsep Hidrolisis Garam Abstrack Laudengi, Aldin, 2020. The Correlation between Visual-Spatial Thingking Ability and Understanding of Salt Hydrolysis Concept in Chemistry Study Program Semester IV Students. Undergraduate Thesis. Department of Chemistry, Faculty of Mathetics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. Principal Supervisor Dr. Opir Rumape:, M.Si. Co-supervisor: Dr. Akram La Kilo, M.Si. This study was generated ad determining the ability to think visual-spatial by understanding the concept of salt hydrolysis in the fourth semester of chemistry education study program students. The population in this study werw all 2019/2020 academic year. The research sample consisted of 38 studets in the fourth semester of chemistry education using purposive sampling. The data collection technique used a visual-spasial thingking ability test and a test for understanding the concept of salt hydrolysis. Further, the analysis technique was inferential statistical analysis which included correlation analysis and simple regression (single). Based on the results of the study, it can be concluded that understanding of the salt hydrolysis concept in the site area with a correlation coefficient of 0.57 which is classified as moderate and a correlation coefficient of 0.57 with a determination coefficient of 32.49%. This means that understanding the concept of salt hydrolysis is influenced by the visual-spatial thingking ability of 32.49% and 67.51% is influenced by other factors with the regression equation ... = -1,93 + 0,61X. Keywords: Visual-Spatial Thingking Ability, Salt Hydrolysis Concept
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011