Penulis / NIM
EKA ANGGRIANI ODJA / 441413051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Abstrak
Eka Anggriani Odja 2017. "Pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar". Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes dan Pembimbing II Dr. Akram La Kilo, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik Purposive Sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebagai instrumen yaitu tes berisi tentang materi larutan asam basa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah uji-t. Berdasarkan hasil statistika diperoleh nilai rata-rata post-tes kelas eksperimen yaitu 58,55 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata post-tes yaitu 39,68. Hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 6,22 > 1,671 maka H0 ditolak atau dengan kata lain menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan asam basa.
Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Larutan Asam Basa.
Download berkas