SKRIPSI

Penulis / NIM
EKA ANGGRIANI ODJA / 441413051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Abstrak
Eka Anggriani Odja 2017. "Pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar". Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes dan Pembimbing II Dr. Akram La Kilo, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik Purposive Sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebagai instrumen yaitu tes berisi tentang materi larutan asam basa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah uji-t. Berdasarkan hasil statistika diperoleh nilai rata-rata post-tes kelas eksperimen yaitu 58,55 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata post-tes yaitu 39,68. Hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 6,22 > 1,671 maka H0 ditolak atau dengan kata lain menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan asam basa. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Larutan Asam Basa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011