Penulis / NIM
SUSIANTI DATUNSOLANG / 441413054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstrak
Susianti Datunsolang. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam pembelajaran kimia melalui penerapan model pembelajran kooperatif tipe form,ulate, share, listen and create (FSLC) di kleas XI SMA N 1 Botumoito. Skripsi jurusan kimia program studi pendidikan kimia strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Prof. Dr Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Suleman Duengo S.Pd, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Botumoito semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 19 orang yang terdiri dari siswa laki-laki 6 orang dan siswa perempuan 13 orang. Sumber data berasal dari guru dan siswa yang diperoleh melalui observasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes dalam bentuk esay, dengan jumlah soal sebanyak 10 nomor. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Bahwa Hasil belajar siswa dimensi pengetahuan pada siklus I adalah 69,02% meningkat menjadi 81,26%. pada siklus II. Hasil belajar siswa dimensi sikap pada siklus I adalah 49,99 % meningkat menjadi 84,49% pada siklus II. Hasil belajar dimensi keterampilan pada siklus I adalah 47,36% meningkat menjadi 84,20%. Dengan demikian penerapan Formulate, Share, Listen and Create dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem koloid kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Botumoito.
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Formulate, Share Listen, and Create (FSLC) , Hasil Belajar, Koloid
Download berkas