Penulis / NIM
SITI NURJANAH / 441413055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Pembimbing 2 / NIDN
DEASY NATALIA BOTUTIHE / 0019128403
Abstrak
ABSTRAK
SITI NURJANAH, 2017. Deskripsi Pemahaman Konsep siswa kelas XI MAN Limboto. Skripsi. Gorontalo: Program studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Julhim Tangio, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Deasy N. Botutihe, S.Pd, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep siswa Kelas XI MAN Limboto dalam menyelesaikan soal-soal konsep laju reaksi berbasis representasi simbolik, makroskopik dan submikroskopik dan mengidentifikasi penyebab terbentuknya pemahaman ketiga representasi tersebut. Penelitian ini dilakukan di MAN Limboto dengan sumber data siswa kelas XI MIA 1 dan MIA 2 dan 1 orang Guru kimia. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa pada representasi submikroskopik sebesar 37.49%, pada representasi simbolik sebesar 57.13% dan pada representasi makroskopik sebesar 65.78% atau dapat dikatakan bahwa pemahaman siswa pada level submikroskopik sangat rendah dibandingkan dengan representasi simbolik dan makroskopik. Pemahaman konsep siswa juga di bentuk oleh berbagai faktor atau sumber belajar, yakni buku 23%, intuisi 18,04%, guru 15,7%, diskusi 1,98%, internet dan praktikum 0,19%, dan yang tidak memiliki sumber sebanyak 41.45%.
Kata kunci: Pemahaman konsep, Representasi, Simbolik, Makroskopik, Submikroskopik
Download berkas