SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI RAHAYUNG NUSI / 441413056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstrak
Sri Rahayung Nusi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Guided Inquiry pada Materi Asam Basa untuk Menumbuhkan Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Suleman Duengo, S.Pd, M.Si. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran Kimia berbasis Guided Inquiry pada materi asam basa untuk menumbuhkan karakter dan meningkatkan hasil belajar siswa SMA yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (four-D) yang terdiri atas empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Bahan Ajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Kevalidan dan kepraktisan ditunjukkan oleh hasil validasi ahli yang menunjukkan nilai dengan rentang V yakni Silabus (0,80-1,00); Bahan Ajar (0,67-0,83); RPP (0,78-1,00); LKS (0,89-1,00) dan Instrumen Tes (1,00), sedangkan keefektifan pembelajaran ditunjukkan dengan penghitungan normal gain yang menunjukkan nilai 0,7 atau kategori sedang; nilai-nilai karakter dalam diri siswa menunjukkan kategori mulai berkembang, serta respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan persentase 81,04%. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Karakter, Guided Inqiury, Asam Basa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011