Penulis / NIM
SUHARMIN / 441413058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Abstrak
ABSTRAK
SUHARMIN, 2017. Pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia. Skripsi. Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Nita Suleman, ST, MT. dan Pembimbing II: Dr. Akram La Kilo, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia. Dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA1 dan X IPA2, masing-masing yang berjumlah 23 siswa, dengan mengunakan rancangan penelitian post-test only control. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 20 nomor soal. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (13,858) lebih besar dari ttabel (2,016), maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia pada kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Tapa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa Kimia
ABSTRACT
SUHARMIN, 2017. The Influence of Treffinger Learning Model with Students' Worksheet towards Students' Learning Outcome of Chemical Compounds Nomenclature Material. Undergraduate Thesis. Study Program of Chemistry Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisior: Nita Suleman, ST, MT. Co-Supervisior: Dr. Akram La Kilo, M.Si.
This research in intended to find out the influence of treffinger learning model with students' worksheet towards students' learning model outcome of chemical compounds nomenclature material. The sample involved students in Grade X IPA1 and X IPA2 with 23 students of each class by using post-test only control design. This research uses a quantitative method 20 multiple choice questions are the research instrument. Data hypothesis is tested by using t-test in which the calculation result shows that tcount (13,858) > ttable (2,016). Therefore H0 is rejected and H1 is accepted. This reveals that treffinger learning model with students' worksheet towards students' learning outcome of chemical compounds nomenclature material in Grade X IPA1 SMA Negeri 1 Tapa.
Keywords: treffinger learning model, learning outcome, chemical compouds nomenclature
Download berkas