Penulis / NIM
THAYBAN / 441413061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Pembimbing 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstrak
ABSTRAK
Thayban 2017. "Pemahaman Mahasiswa terhadap Penentuan Energi Kisi Oksida Perovskit melalui Pembelajaran Berbasis Riset". Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Akram La Kilo, M.Si dan Pembimbing II Nita Suleman, ST, MT.
Oksida perovskit MTiO3 (M = Mg, Ca, Sr dan Ba) dapat diaplikasikan sebagai mikroelektronika karena kapasitas penyimpanan berdaya tinggi. Penelitian ini betujuan untuk menentukan energi kisi oksida perovskit MTiO3 (M = Mg, Ca, Sr dan Ba) dan mengetahui pemahaman mahasiswa melalui aktivitas serta hasil belajar mahasiswa terhadap penentuan energi kisi melalui pembelajaran berbasis riset. Metode penelitian ini yaitu metode teoritis eksploratif dan metode kualitatif deskriptif. Metode teoritis eksploratif untuk menentukan energi kisi oksida perovskit melalui persamaan Yoder-Flora dan simulasi atomistik sedangkan metode kualitatif deskriptif untuk mengetahui aktivitas mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa terhadap penentuan energi kisi oksida perovskit melalui pembelajaran berbasis riset. Energi kisi oksida perovskit MTiO3 (M = Mg, Ca, Sr dan Ba) dengan persamaan Yoder-Flora diperoleh energi kisi berturut-turut 15761,84 kJ/mol, 15373,78 kJ/mol, 15193,92 kJ/mol, dan 15019,45 kJ/mol serta melalui simulasi atomistik diperoleh energi kisi berturut-turut 14905,99 kJ/mol, 14496,08 kJ/mol, 14285,99 kJ/mol, dan 14116,85 kJ/mol. Kekurangan kedua metode tersebut, diatasi melalui persamaan kombinasi, dengan hasil energi kisi berturut-turut 15931,95 kJ/mol, 15408,70 kJ/mol, 15194,43 kJ/mol, dan 14960,41 kJ/mol. Hasil riset tersebut digunakan sebagai panduan dalam kegiatan pembelajaran berbasis riset yang dilakukan oleh mahasiswa. Hasil pengamatan aktivitas mahasiswa merumuskan masalah sampai mempresentasikan diperoleh rata-rata kategori sangat baik 53,2%, baik 35,6%, cukup 11,2%, dan kurang 0% dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis riset. Hasil belajar mahasiswa sangat memuaskan dengan 20 mahasiswa mencapai ketuntasan dengan nilai 76,92 - 92,30 sedangkan 5 mahasiswa tidak tuntas dengan nilai 61,5 - 69,2.
Kata Kunci : Perovskit, Energi Kisi, Persamaan Yoder-Flora, Simulasi Atomistik, Pembelajaran Berbasis riset
Download berkas