SKRIPSI

Penulis / NIM
MURNIATI / 441413062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr YUSZDA K SALIMI, S.Si, M.Si / 0023037106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan metakognisi mahasiswa yang mengampuh mata kuliah Kimia Dasar I dengan nilai tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal-soal kinetika kimia. Jenis penelitian adalah deskripsi kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Gorontalo, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Kimia dengan subjek penelitian mahasiswa pendidikan kimia semester II kelas B sebanyak 20 orang. Istrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa yang memiliki nilai tinggi sebanyak 2 orang, mahasiswa yang memiliki nilai sedang sebanyak 14 orang dan mahasiswa yang memiliki nilai rendah sebanyak 4 orang, rata-rata berada pada tingkat tacit use yaitu mahasiswa menggunakan pemikirannya tanpa menyadari mengapa pikiran itu digunakan atau hanya asal-asalan menjawab soal. Oleh karenanya perolehan nilai Kimia Dasar I tidak menunjang pada perolehan tingkat kemampuan metakognisi mahasiswa. Kata Kunci : Tingkat Kemampuan Metakognisi, Kinetika Kimia ABSTRACT This study aims at describing the level of metacognitive ability of students in Basic Chemistry Subject with high grade, moderate, and low grade in solving the chemistry kinaesthetic problems. This study is qualitative descriptive study. This study is implemented in State University of Gorontalo, Faculty of mathematics and Natural Science, on semester II class B of Chemistry Department students with total number of 20 students. The instruments in this study are written test and semi-structured interview. The data are analysed using the Miles and Huberman Model. This study shows that there are 2 students with high ability, 14 students with moderate ability, and 4 students with low ability. In average, students are in tacit use where they use their reasoning randomly in solving the problems without realizing why that reason is used. Therefore, the grade in Basic Chemistry subject does not support the attainment of students' metacognitive level. Keywords: Level of Metacognitive Ability, Chemistry Kinaesthetic
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011