Penulis / NIM
FEBRIANA MANGKAHA / 441413064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
ABSTRAK
Febriana Mangkaha, 2017. "Pengaruh Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit di Kelas X SMK Negeri 1 Kaidipang ".Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing I I Hendri Iyabu, S.Pd. M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran konflik kognitif terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit di kelas X SMK N 1 Kaidipang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kaidipang. Sampel berjumlah 46 siswa yang tersebar di dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 23 siswa dan kelas kontrol berjumlah 23 siswa. Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran konflik kognitif dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran Konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen yaitu tes materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Analisis data dilakukan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil statistika diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 80,70 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata post-test yaitu 60,88. Hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 9,357 > 1,68 dengan demikian H0 berada pada daerah penolakan atau dengan kata lain menerima H1 . Hal imi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran konflik kognitif terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia.
Kata kunci: Strategi pembelajaran Konflik Kognitif, hasil belajar, larutan elektrolit dan non-elektrolit
ABSTRACT
Febriana Mangkaha, 2017. "The Influence of Learning Strategy of Cognitive Conflict on Student Result in Electrolyte and Non-Electrolyte Material in Class X SMK Negeri 1 Kaidipang" .Scripsi, Chemical Education Department, Faculty of Mathematics and Science of State University of Gorontalo. Supervisor I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si and Advisor II Hendri Iyabu, S.Pd. M.Si
This study aims to determine the effect of cognitive conflict learning strategies on student learning outcomes in the material of electrolyte and non-electrolyte solution in class X SMK N 1 Kaidipang. This research is an experimental research. The research design used is Posttest-Only Control Group Design. This research was conducted at SMK Negeri 1 Kaidipang. The sample consisted of 46 students spread in two classes, the experiment class was 23 students and the control class was 23 students. The experimental class uses cognitive conflict learning strategies and control classes using Conventional learning. Data collection using the test as an instrument that is test material of electrolyte and non-electrolyte solution. Data analysis was done using t test to test the research hypothesis. Based on the statistical results obtained the average value of post-test experimental class is 80.70 while for the control class average post-test value is 60.88. Result of data analysis for learning result show that in significant level 0,05 obtained tcount value> ttable or 9,357> 1,68 hence H0 is in rejection area or in other words accept H1. It can be concluded that there is influence of cognitive conflict learning strategy to student learning outcomes in chemical bonding material.
Keywords: Learning Strategy of Cognitive Conflict, learning result, electrolyte and non-electrolyte solution
Download berkas