Penulis / NIM
NUR MULIYANA / 441413068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Abstrak
ABSTRAK
Nur Muliyana 2018. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing: (1) Drs. Mardjan Paputungan, M.Si, (2) Dr. Weny J.A Musa, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesulitan belajar siswa dan penyebabnya dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) dan mengetahui bagian kesulitan belajar yang dialami siswa dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp).Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Limboto kelas XI TPHP 2 yang berjumlah 22 siswa. Data pada penelitian ini berupa data hasil tes diagnostik three-tier multiple choice untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan penyebabnya serta hasil wawancara mengenai bagian kesulitan belajar yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada indikator kesulitan memahami istilah, memahami konsep dan perhitungan dalam materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) yaitu rata-rata siswa yang paham konsep (PK) = 47, 22 %, rata-rata siswa yang tidak paham konsep (TPK) = 23,98 %, rata-rata siswa yang miskonsepsi (M) = 23,73%, rata-rata siswa yang error (E) 5,05 %. Dengan demikian kesulitan yang dialami oleh siswa SMK Negeri I Limboto kelas XI TPHP 2 yakni kesulitan dalam memahami istilah, memahami konsep dan perhitungan yang teridentifikasi kedalam tidak paham konsep, miskonsepsi dan error sebesar 52,76 % tergolong cukup tinggi.Bagian kesulitan belajar yang dialami siswa dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) adalah kesulitan dalam memahami konsep dimana tingkat kesulitan tinggi berasal dari sub-indikator 8 yaitu menentukan persamaan tetapan hasil kali kelarutan (Ksp) dan sub-indikator 9 yaitu menentukan persamaan hubungan kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp), serta kesulitan dalam perhitungan dimana tingkat kesulitan tinggi berasal dari sub-indikator 13 yaitu menghitung nilai kelarutan (s).
Kata Kunci : kesulitan belajar siswa, three-tier multiple choice, kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp)
ABSTRACT
Nur Muliyana. 2018. Identification of Students` Learning Difficulties in Understanding the Solubility and the Solubility Product (Ksp) Using Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Skripsi. Chemistry Department, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo, Supervisor (1) Drs. Mardjan Paputungan, M.Si, (2) Dr. Weny J.A Musa, M.Si
This study aims to identify the level of learning difficulties students and its causes in understanding the solubility and the time result of solubility (Ksp) and know the learning difficulties experienced by student in understanding the material and the product of solubility (Ksp). The approach used in this research is qualitative with descriptive research type. Subjects in this study were student of SMK Negeri 1 Limboto Class XI TPHP 2 which amounted to 22 students. The data in this research is data of diagnostic test of three-tier multiple choice to know the level of student`s understanding and the cause and the result of interview about the learning difficulties experienced by the student. The result of the research shows thet the students` understanding of the difficulty of understanding the terms, understanding the concepts and the calculations in the solubility and solubility (Ksp) is the average of studens who understand the concept (PK) = 47.22%, the average students who do not understand the concepts (TPK) = 23.98%, the mean of misconception students (M) = 23.73%, the average student with error (E) = 5.05%. Thus the difficulties experienced by student SMK Negeri 1 Limboto Class XI TPHP 2 ie difficulty in understanding the term, understand the concepts and calculations identified into the not understand the concept, misconception and error or 52.76% is quite high. Part of learning difficulties experienced by students in understandingthe solubility and the solubility product (Ksp) in the difficulty in understanding the concept where the high difficulty level comes from cub indicator 8 which the determine the fixed equation of solubility product (Ksp) and sub indicator 9 is determaining the solubility equation of solubility product (Ksp), as well in the calculation where the high difficulty level comes from sub indicator 13 that is calculating the solubility value (s).
Keywords: students` learning difficulties, three tier multiple choice, solubility and solubility product (Ksp)
Download berkas