Penulis / NIM
NURMAYATI TANGAHU / 441414001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Pembimbing 2 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Abstrak
ABSTRAK
Nurmayati Tangahu 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Berbasis Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Konfigurasi Elektron, Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si dan Pembimbing II Nurhayati Bialangi, M.Si
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif teams games tournament berbasis teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada materi konfigurasi elektron. Hasil belajar yang diukur adalah aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 siswa yaitu sebanyak 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif teams games tournament berbasis teka-teki silang sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan separated varian. Hasil tesebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58 diperoleh Thitung 3,048 > Ttabel 1,671, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif teams games tournament berbasis teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa dengan hasil aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 90,7% sedangkan pada kelas kontrol 88,6%. Aspek psikomotor dari kedua kelas dikategorikan terampil, rata-rata pada aspek psikomotor antara kelas eksperimen 90,7% dan kelas kontrol adalah 86,3%..
Kata Kunci: TGT, Kognitif, Afektif, Psikomotor, Konfigurasi Elektron
ABSTRACT
Nurmayati Tangahu, 2018. The influence of Crossword Puzzle-based Teams Games Tournament Model toward Students Learning Achievement in Electron Configuration Material. Skripsi. Study Program of Chemistry Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si. and the co-supervisor is Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si.
The study was aimed at investigating the influence of the implementation of crossword puzzle-based teams games tournament model toward students learning achievement in Electron Configuration Material. The measured learning achievement aspects where cognitive, affective, and psychomotor. It applied Quasi-Experimental Design with pretest-posttest control group design. The sampel were 60 students divided into 30 students in experimental class and 30 students in the control class. The experimental class was treated by crossword puzzle-based teams games tournament model, and the control class was treated by conventional learning. The hypothesis verification applied t-test with separated variance. Findings revealed Tcount for 3,048 which is higher than Ttable for 1,671 by having significance level at 0,05 and dF for 58. Hence, H0 was rejected and H1 was accepted. It showed that there was an influence of the implementation of crossword puzzle-based teams games tournament model toward students learning achievement in Electron Configuration Material. The result of affective aspects of the two classes was categorized goog; 89,673% for experimental class and 74,643% for the control class. Meanwhile, the psychomotor aspects of the two classes was categorized skilled by having the average of 90,7% for experimental class and 81,3% for the control class.
Download berkas