Penulis / NIM
YUYUN MOPANGGA / 441414008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK
Yuyun Mopangga. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Visual Spasial Terhadap Penguasaan Konsep Perubahan Wujud Zat. Skripsi, Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, MM dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) dengan model yang berbeda terhadap penguasaan konsep perubahan wujud zat (PWZ). Sebuah desain faktorial 2x2 digunakan untuk percobaan ini yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Gorontalo, dengan populasi sebanyak 300 siswa kelas X IPA yang diambil secara purposif random sampling. Berdasarkan kemampuan berpikir visual spasial mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kemampuan visual spasial tinggi dan rendah. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) penguasaan konsep PWZ yang dibelajarkan dengan menggunakan SPBM model inkuiri lebih tinggi daripada menggunakan SPBM model ekspositori; (2) terdapat interaksi antara SPBM dengan kemampuan visual spasial terhadap penguasaan konsep PWZ siswa; (3) tidak terdapat perbedaan penguasaan konsep PWZ siswa yang dibelajarkan dengan SPBM model inkuiri dan ekspositori pada siswa yang memiliki visual spasial tinggi; (4) terdapat perbedaan penguasaan konsep PWZ siswa yang dibelajarkan dengan SPBM model inkuiri dan ekspositori pada siswa yang memiliki visual spasial rendah.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Visual Spasial, Penguasaan Konsep Perubahan Wujud Zat
Download berkas