SKRIPSI

Penulis / NIM
ASTIN SAHAMI / 441414010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
WIWIN REWINI KUNUSA, M.Si / 0008117006
Abstrak
ABSTRAK Astin Sahami. 2018. Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi reaksi redoks kelas X di SMA Negeri 2 Limboto. Skripsi. Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Wiwin R. Kunusa, S.Pd, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi reaksi redoks. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Non equivalent Control Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 2 SMA Negeri 2 Limboto. Data penelitian diperoleh dari hasil pretes dan postes. Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas eksperimen 76,8 dan kelas kontrol yaitu 70,1. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan ( = 0,05) diperoleh nilaithitung> ttabel yaitu 3,12>1,67. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi redoks. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah ,Berpikir Kritis, Reaksi Redoks Astin Sahami. 2018. The influence of problem-based learning toward critical thinking skill of students at the class of X, SMA Negeri 2 Limboto in redox reaction topic. Skripsi. Gorontalo:Study Program of Chemistry Education, Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si and the co-supervisor is Wiwin R. Kunusa, S.Pd, M.Si. The study was aimed at investigating the influence of problem-based learning toward critical thinking skills of students in redox reaction topic. It applied quasi-xperimental method with Non-Equivalent Control design. The research subjects were students of class of X IPA 4 and X IPA 2, SMA Negeri 2 Limboto. The data of research were from the results of pretest and posttest. Based on data analysis result, the average score obtained by students in the experimental class was 76.8 and control class was 70.1. The hypothesis verification result using t-test with significance level or at 0.05 revealed that tcount was higher than ttable or 3.12> 1.67. Hence, it could be concluded that H0 was rejected and Ha was accepted indicating that there was an influence of problem-based learning toward critical thinking skills of students in redox reaction topic. Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking, Redox Reaction
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011