SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAWATI MOOSISI / 441414015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
ABSTRAK Rahmawati Moosisi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Change untuk Memfasilitasi Pergeseran Konsepsi Siswa pada Materi Asam Basa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Masrid Pikoli, M.Pd dan Pembimbing II Erni Mohamad, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil prakonsepsi siswa, keterlaksanaan pembelajaran, profil konsepsi siswa setelah menggunakan model pembelajaran conceptual change, dan mengetahui pergeseran konsepsi siswa sesudah penerapan model pembelajaran conceptual change. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 yang berjumlah 38 siswa. Desain penelitian yaitu one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon signed- rank test dengan taraf signifikansi a= 0,05 untuk melihat pergeseran, uji Mann Whitney untuk menguji keterlaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan profil prakonsepsi siswa memberikan hasil bahwa siswa telah tahu konsep (TK) materi asam basa mencapai 27% dikelas XI IPA 1 dan 32% dikelas XI IPA 4. Keterlaksanaan model pembelajaran conceptual change pada pertemuan I, dan II dianalisis menggunakan uji mann whitney, tidak terdapat perbedaan atas konsistensi kualitas pembelajaran remediasi dengan model pembelajaran conceptual change yang diberikan oleh guru baik pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 pada kedua kelas. Persentase rata-rata profil konsepsi siswa sesudah penerapan model pembelajaran conceptual change memberikan hasil bahwa siswa telah memahami konsep asam basa mencapai 81% dikelas XI IPA 1 dan 82% dikelas XI IPA 4. Pergeseran miskonsepsi siswa sesudah penerapan model pembelajaran conceptual change menunjukkan sebagian besar konsepsi siswa menuju ke arah tahu konsep. Hasil dari uji wilcoxon signed rank test menunjukkan p-value pada kedua kelas yaitu rata-rata lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat dianalisis bahwa terdapat pergeseran konsepsi siswa yang signifikan terhadap siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model conceptual change pada materi asam basa. Kata Kunci: Pergeseran Konsepsi, Conceptual Change, Asam basa ABSTRACT Rahmawati Moosisi. 2018. "The Implementation of Conceptual Change Learning Model in Facilitating Students Conception on Acid- Base Material Class XI IPA SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi, Study Program of Chemistry Education, Depertemen of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Masrid Pikoli, M.Pd and the co-supervisor is Erni Mohamad, S.Pd, M.Si. The study purpose is to investigate the of students pre-conception, the learning implementation students conception profile after conceptual change learning model, and to discover the students conceptual change after the implementation of conceptual change learning model. The study was conducted at SMA Negeri 1 Tapa. The research sample is the students of class XI IPA 1 and XI IPA 4 by 38 students. The study employed one group pretest-posttest design. The data retrieval applied a test and observation technique. The data analysis used Wilcoxon signed- rank test with a significant value of a = 0,05 to observe the change, Mann Whitney test to examine the implementation. Theresearch finding revealed that students pre-conception profile offered a result of students who already know the (TK) concept of acid-base material by 27% on class XI IPA 1 and 32% on class XI IPA 4. The implementation of conceptual change learning model in a meeting I, and meeting II was analyzed using Mann Whitney test, there is no variation of quality consistency of remediation learning with conceptual change learning model which given by the teacher, either in a meeting I or meeting II of both class. The average percentage of students conception profile after the implementation of conceptual change learning model present a result that students have comprehended acid- base concept by 81% at class XI IPA 1 and 82% at class IPA 4. The shifting of students misconception after the implementation of conceptual change learning model showed that most of the students conception head to understand the concept. The result of the wilcoxon signed rank test shoed that the p-value of both classes on average is lower than 0,05. So that, it is able to analyze, and there is a significant shifting of students conception before and after the implementation of the conceptual change of acid-base material. Keywords: Conceptual Change, Acid- Base
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011