SKRIPSI

Penulis / NIM
RIFKA DAMAYANTI / 441414016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
ABSTRAK Rifka Damayanti. 2018. ..."Studi Kemampuan Siswa Dalam Membangun Pemahaman Konsep di Level Submikroskopik Dengan Menggunakan Gambar Sebagai Representasi Dari Fenomena Perubahan Wujud Zat Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, M.M dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan: (a) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membangun pemahaman konsep di level submikroskopik menggunakan gambar sebagai representasi dari fenomena perubahan wujud zat. (b) mendeskripsikan kerancuan siswa dalam membangun pemahaman konsep di level submikroskopik dengan menggunakan gambar sebagai representasi dari fenomena perubahan wujud zat. Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif beralasan dengan tiga bagian tes padat-cair, cair-cair, dan cair-gas kepada 300 siswa kelas X di SMA Negeri 3 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan survey kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menujukan (a) Rata-rata kemampuan siswa dalam membangun pemahaman konsep di level submikroskopik masih rendah ditinjau berdasarkan kemampuan menafsirkan gambar fenomena faktual dengan benar (42,7%), kemampuan menghubungkan gambar diagram submikroskopik dengan benar (53,6%), dan kemampuan menjelaskan keadaan submikroskopik dengan benar (42,5%). (b) Rata-rata kerancuan siswa dalam membangun pemahaman konsep di level submikroskopik rendah di tinjau berdasarkan kerancuan siswa dalam menafsirkan gambar fenomena faktual R1 (16,1%) R2 (16,5%), kerancuan siswa dalam menghubungkan gambar diagram submikroskopik R1 (3,5%) R2 (13,24%), dan kerancuan siswa dalam menjelaskan keadaan submikroskopik R1(11,02%) R2 (10,66%). Hal ini menunjukan perlunya penggunaan gambar untuk menggali kemampuan membangun pemahaman siswa di level submikroskopik terkait menafsirkan makna dari gambar makroskopis maupun menerjemahkan gambar diagram submikroskopik menjadi persamaan reaksi (simbolik) dan sebaliknya. Kata kunci : Digram SMRs, Pemahaman Tingkat Submikroskopik.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011