Penulis / NIM
SALMA HONTONG / 441414017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr YUSZDA K SALIMI, S.Si, M.Si / 0023037106
Pembimbing 2 / NIDN
DEASY NATALIA BOTUTIHE / 0019128403
Abstrak
ABSTRAK
Salma Hontong. 2018. ..."Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid SMA Negeri 1 1 Tapa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yuszda K. Salimi. dan Pembimbing II Deasy N. Botutihe, S.Pd., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Inteletual) terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid SMA Negeri 1 Tapa. Metode Penelitian ini menggunakan metode true experimental (eksperimen yang betul-betul) dengan menggunakan desain eksperimen pretest-posttest control grup design yang terdiri dari Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol, adapun populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa SMA Negeri 1 Tapa, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling yaitu tehnik pengambilan sampel secara acak, adapun tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis statistik untuk hasil belajar. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil uji hipotesis menggunakan uji t-tes hasil yang didapat dari analisis statistik bahwa (thitung = 3,63 > ttabel = 1.70). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Inteletual) terhadap hasil belajar siswa secara signifikan pada materi koloid.
Kata kunci: SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Inteletual), Hasil Belajar Siswa, Koloid
Download berkas