Penulis / NIM
MEILAN POLUMULO / 441414018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr YUSZDA K SALIMI, S.Si, M.Si / 0023037106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Abstrak
ABSTRAK
Meilan Polumulo. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis terhadap kemampuam pemecahan masalah siswa pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Yuszda K. Salimi, M.Si dan pembimbing II Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran means ends analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan rancangan Postteast-Only Control Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tapa, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada taraf signifikan = 0,05 dengan dk = 38 diperoleh nilai Thitung 21,208 > Ttabel 1,68 maka H0 ditolak dan Ha diterima bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran means ends analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi larutan penyangga.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Means Ends Analysis, Kemampuan Pemacahan Masalah, Larutan Penyangga.
Download berkas