SKRIPSI

Penulis / NIM
MERI OKTAVIANI MOHAMAD / 441414025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Abstrak
ABSTRAK Meri Oktaviani Mohamad 2018. ..."Studi Pemahaman Konseptual Siswa Dalam Membangun Konsep Melalui Penggunaan Gambar Sebagai Representasi Fenomena Reaksi Redoks. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd dan Dr. Opir Rumape, M.Si Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan pemahaman konsep siswa dalam mendeskripsikan dan menjelaskan konsep reaksi redoks menggunakan representasi makroskopik, submikroskopik dan simbolik, dimana ketiga aspek ini merupakan faktor kunci dalam memahami fenomena yang disajikan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Gorontalo dengan jenis penelitian deskrptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total dimana semua populasi dijadikan sampel. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes objektif beralasan yang terdiri dari 15 soal. Hasil uji coba instrumen diperoleh validitas isi sebesar 97,77 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman siswa terhadap konsep reaksi redoks masih tergolong sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata siswa yang benar hanya 20,75% dengan persentase jawaban salah yang paling mendominasi yaitu sebanyak 41,87%. (2) Ada kerancuan pemahaman konsep yang diberikan siswa hal ini terlihat dari cara siswa menjawab dan memilih alasan yang berbeda-beda dari jawaban dan alasan yang dipilih dapat dilihat bahwa siswa tidak memahami konsep yang disajikan. Hal ini terlihat dari tingginya persentase rata-rata jawaban R.1 Sebesar 17,95% dan R.2 sebesar 19,42%. Fakta ini menunjukan hanya sebagian kecil siswa yang paham akan gambar molekul dan interaksi molekul yang terjadi pada reaksi. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Reaksi Redoks, Multi level representasi, Simbolik ABSTRACT MERI OKTAVIANI MOHAMAD. 2018. ..."A Study oF Students Conceptual Understanding in Building Concept througt Use of Picture as Representation of Redox Reaction Phenomenon . Skripsi. Department of Chemistry Education Faculity of Mathemtics and Natural Science. State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Lukman A.R. Laliyo. M.Pd. and the co-supervisor is Dr Opir Rumape, M.SI. The research aimed to study the students conceptual understanding ability in depicting and explaining the concept of redox reaction by using the representation of macroscopic, submicroscopic, and symbolic in which the previous three aspects were key factors in understanding the presented phenomenon. The research was qualitative descriptive research taking place at SMAN 3 Gorontalo. Research samples were selected through using total sampling where the entire population functioned as samples too. Research subjects were all students of class X of IPA (Natural Science). Research data collected by using reasoned objective test instrument comprising 15 questions. The result of instrument experiment found that content validity was 97,77%. Research finding showed that (1) students understanding on redox reaction concept remained including very low was the percentage of average students in relation with correctness answer was only 41,87%. (2) There was a confusion of concept understanding taught to students as reflected in students way of answering and selecting different reasons in regard of the answer and reasons provided and it confirmed that they did not understand it. In addition, it was seen from the high average percentage of answer for R.1 for 17,95% and R.2 for 19,42%. The earlier fact indicated that only the minority of student understood the picture of a molecule and its interaction occurring within the reaction. Keywords: Conceptual Understanding Ability, Redox Reaction. Multi-Level of Representation, Symbolic
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011