Penulis / NIM
APRIYANTI VIVIT NOE / 441414027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Pembimbing 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstrak
ABSTRAK
Apriyanti Vivit Noe. 2018. Pengaruh Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving(TAPPS) terhadap Hasil Belajar dan Retensi Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II Suleman Duengo, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar dan retensi hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMA N 1 Tapa pada materi pokok hidrolisis garam Tahun pengajaran 2017/2018. Metode penelititan ini menggunakan pretest-posttest control grup desain, yang terdiri dari kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol, adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMAN 1 Tapa, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu semua populasi bisah dijadikan sampel dan juga teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis statistik untuk hasil belajar dan retensi hasil belajar. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hasil pengujian hipotesis untuk hasil belajar menggunakan uji t-tes hasil yang didapatkan dari statistik yaitu (thitung = 4,53 > Ttabel =1,70) sedangkan hasil pengujian hipotesis retensi hasil belajar menggunakan uji t-tes yaitu (thitung = 7.19 > ttabel = 1,70). Hasil ini menujukan bahwa terdapat pengaruh pada metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar dan retensi hasil belajar secara signifikan pada materi hidrolisis garam.
Kata Kunci : Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Hidrolisis Garam, Hasil belajar, Retensi Hasil Belajar
Abstract
ApriyantiVivitNoe. 2018.The Effect of Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Method on Learning Outcomes and Retention of Student Learning Outcomes on Salt Hydrolysis Materials.Thesis, Chemistry Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. SupervisorDra.Nurhayati Bialangi, M.Si and Co-Supervisor Suleman Duengo, S.Pd, M.Si.
This study aims to determine the effect of the method Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) on learning outcomes and retention of learning outcomes of students in class XI SMA N 1 Tapa in the subject matter of salt hydrolysis 2017/2018 school year calendar.This research method used pretest-posttest control group design, which consists of class XI IPA 1 as experiment class and class XI IPA 3 as control class,the population in this study are all students of SMAN 1 Tapa,while the samples in this study using saturated sampling that is all the population can be sampled and data analysis techniques used are normality test, homogeneity test and statistical hypothesis test for learning outcomes and retention of learning outcomes.The results of this study indicate that the results of statistical hypotheses for learning outcomes using t-test that is tcount = 4.53>ttable = 1.70, while the results of statistical hypotheses for retention of learning outcomeusing t-test that is tcount = 7.19> ttable = 1.70.These results indicate that there is a significant influence on the use of Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) methods to the learning outcomes and the retention of learning outcomes on salt hydrolysis materials.
Keywords: Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Salt hydrolysis, Learning outcomes, Retention of learning outcomes
Download berkas