Penulis / NIM
SITI APRIANI NOHO / 441414031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar pada materi reduksi dan oksidasi. Hasil belajar yang diukur yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa masing-masing pada kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatifteam games tournament (TGT) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 20 soal valid dan hasil reliabitas tes adalah 0,793 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan separated varian. Hasil tesebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58 diperoleh Thitung1,951 > Ttabel 1,672, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa dengan hasil aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 76,887% sedangkan pada kelas kontrol 68,558%.Aspek psikomotor dari kedua kelas dikategorikan terampil, rata-rata pada aspek psikomotor antara kelas eksperimen 79,167% dan kelas kontrol adalah 67%.
Kata Kunci:TGT, Hasil Belajar, Reduksi, Oksidasi
Download berkas