Penulis / NIM
MARLINA H. NAIYO / 441414033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Pembimbing 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstrak
ABSTRAK
Marlina H. Naiyo. 2018. Pengaruh Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMANegeri 1 Limboto. Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Suleman Duengo, S.Pd, M.Si. dan Pembimbing II Nita Suleman, S.T, M.T.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 55 siswa terbagi pada kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran strategi REACT (Relating, Experiencing, Applayng, Cooperatif, dan Transfering) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 15 soal valid dan hasil reliabilitas tes adalah 0,8454 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 53 diperoleh Thitungsebesar 5,695 lebih besar dari ttabel sebesar 1,674, maka H0 ditolak dan H1 diterima bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran berstrategi REACT terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi larutan penyangga. Data aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, dengan rata-rata kelas eksperimen 80,345% sedangkan pada kelas kontrol 68,942%. Aspek psikomotor kelas eksperimen sebesar 75,431% termasuk dalam kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 48,750% termasuk kategori masih kurang.
Kata Kunci : Strategi REACT, Hasil Belajar, Larutan Penyangga
Download berkas