SKRIPSI

Penulis / NIM
MUSTARI S. TAMALU / 441414038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
ABSTRAK Mustari S Tamalu. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Self-confidence dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi dan oksidasi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Erni Mohamad, S.Pd, M.Si. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Solving terhadap Self-Confidence dan hasil belajar siswa pada materi reduksi dan oksidasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini berjumlah 58 siswa masing-masing pada kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Solving sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan separated varian. Hasil dari analisis data tesebut menunjukkan bahwa Self-confidence pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 56 diperoleh Thitung 2,284 > Ttabel 1,672, maka H0 ditolak dan H1 diterima bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem solving terhadap Self-confidence dan untuk Analisis Hasil belajar menunjukkan bahwa Hasil belajar pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 56 diperoleh Thitung 7,519 > Ttabel 1,672. Kata Kunci: Probem solving, Self-Confidence, Hasil Belajar ABSTRACT Mustari S Tamalu. 2018. Effects of Problem Solving Learning Models on Self-confidence and Student Learning Outcomes in Reduction and Oxidation Reaction Materials. Thesis, Department of Chemical Education Undergraduate Education Program (S1) Faculty of Mathematics and Natural Sciences Gorontalo State University. Supervisor I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Sc and Advisor II Erni Mohamad, S.Pd, M.Sc. The purpose of the study was to determine the effect of using Problem Solving learning models on Self-Confidence and student learning outcomes in reduction and oxidation material. The research design used was Quasi Experimental Design with the design of the Pretest-Posttest Control Group Design. The sample of this study amounted to 58 students each in the experimental class as many as 29 students and the control class as many as 29 students. The experimental class uses the Problem Solving learning model while the control class uses a conventional learning model. Data analysis for hypothesis testing using t-test with separated variants. The results of the data analysis showed that Self-confidence at a significant level of 0.05 with dk = 56 was obtained by Calculating 2,284> Ttable 1,672, then H0 was rejected and H1 was accepted that there was an effect of learning model Problem solving on Self-confidence and for Learning Outcomes Analysis that the learning outcomes at a significant level of 0.05 with dk = 56 are obtained by calculating 7.519> T table 1.672. Keywords: Probem solving, Self-Confidence, Learning Outcomes
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011