Penulis / NIM
SITRIA H RADJAK / 441414042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK
Sitria H. Radjak. 2020. Ã���Ã..."Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Divisions) Dilengkapi Media Word Square Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Tata Nama Senyawa Anorganik Di Kelas X MIA SMA Negeri 1 TelagaÃ���Ã�ÂÂ. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) dilengkapi media word square terhadap hasil belajar pada materi tata nama senyawa anorganik. Hasil belajar yang diukur mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini menggunakan desain true experimental design dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu, kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pada taraf signifikan ���± = 0,05 dan dK = 58 thitung 2,15 > ttabel 1,672, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilengkapi media word square terhadap hasil belajar pada materi tata nama senyawa anorganik dengan perolehan nilai rata-rata aspek kognitif kelas eksperimen 81,3 dan kelas kontrol 77,4. Aspek afektif kelas eksperimen rata-rata 80,5 dan kelas kontrol 76,5. Aspek psikomotor kelas eksperimen rata-rata 82,7 dan kelas kontrol 78,8.
Kata Kunci: Hasil Belajar, STAD, Word Square, Tata Nama Senyawa Anorganik
Download berkas