Penulis / NIM
YUSNITA NUU / 441414044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr YUSZDA K SALIMI, S.Si, M.Si / 0023037106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Abstrak
Yusnita Nuu. 2018. "Penerapan Model Pembelajaran Modified Inquiry untuk Memprevensi Miskonsepsi pada Konsep Reaksi Redoks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Limboto". Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yuszda K. Salimi, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Masrid Pikoli, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk memprevensi miskonsepsi dengan menggunakan model pembelajaran modified inquiry. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPS 5. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil three-tier diagnostic test dan hasil pengamatan keterlaksanaan sintak model pembelajaran modified inquiry melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) profil prakonsepsi siswa sebelum pembelajaran konsep reaksi redoks ditemukan siswa yang mengalami Miskonsepsi 1 (MK 1), Miskonsepsi 2 (MK 2), Miskonsepsi 3 (MK 3), Tidak Tahu Konsep (TTK) dan Tahu Konsep (TK) pada kelas X MIPA 1 dan X MIPA 5. (2) keterlaksanaan sintaks model pembelajaran modified inquiry dalam memprevensi miskonsepsi mendapatkan kualifikasi baik dan sangat baik pada kedua kelas. (3) profil konsepsi siswa setelah pembelajaran konsep reaksi redoks dengan menggunakan model modified inquiry menujukan perubahan konsepsi siswa mencapai 94% TK di kelas X MIPA 1 dan 96% di kelas X MIPA 5 serta mereduksi MK meskipun tidak total (4) pergeseran konsepsi siswa pada konsep reaksi redoks setelah diterapkan model pembelajaran modified inquiry menujukan hasil yang signifikan meski tidak secara total.
Kata Kunci : Prevensi, Miskonsepsi, Redoks, Modified Inquiry
Download berkas