Penulis / NIM
REYKA ELISA MAMONTO / 441414049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Pembimbing 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstrak
Reyka Elisa Mamonto. 2018. ..."Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Ludo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid Bagi Siswa SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koopertif tipe TGT menggunakan media permainan Ludo terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Gorontalo pada materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design, dimana kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dipilih secara random. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Gorontalo yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif menggunakan uji-t. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil tes kognitif dan hasil pengamatan aktivitas siswa melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol (eksperimen 71.33 > kontrol 51.33). hasil penelitian juga dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukan harga thitung 2.203 > ttabel 0.19, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament, Koloid
Download berkas