Penulis / NIM
MASRIA OCTAVIANTI JAINAHU / 441414052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
ABSTRAK
Masria Jainahu. 2018. Pengaruh strategi pembelajaran pdeode (predict-discuss-explain-observe-discuss-explain) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur teori atom X SMA NEGERI 3 GORONTALO. Skiripsi, Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika Dan Ipa Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing 1 Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si
Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran PDEODE (predict-discuss-explain-observe-discuss-explain) terhadap hasil belajajar siswa pada materi struktur atom hasil belajar yang diukur yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Desain Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimental design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian berjumalah 66 siswa masing-masing pada kelas eksperimen 33 siswa dan kelas control 33 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PDEODE (predict-discuss-explain-observe-discuss-explain) sedangkan kelas control menggunakan pendekatan Expository. Hasil uji validitas tes menunjukan bahwa 20 soal valid dan hasil reabiltas tes. Berdasarkan uji hipotesis yang menggunakan uji t maka diperoleh thitung = 1.680408 menggunakan tabel distribusi t pada taraf signifikansi 5% dan diperoleh harga ttabel (=0.05) = 1.66901. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan thitung > ttabel (1.680408 > 1.66901) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menujukan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran PDEODE terhadap hasil belalajar siswa pada materi struktur atom. Setelah dilakukan pengujian dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan hasil belajar aspek kongnitif antara kelas eksperimen yang mengunakan model pembelajaran PDEODE dan kelas kontrol yang mengunakan pendekatan expository. Nilai rata-rata hasil belajar aspek kongnitif kelas eksperimen sebesar 80,75 dan kelas kontrol sebesar 77,27 Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PDEODE (predict-discuss-explain-observe-discuss-explain) Pda kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan pendekatan expository pada kelas kontrol.
Kata kunci: PDEODE, Hasil belajar, Struktur Atom
ABSTRAK
Masria Jainahu. 2018. Pengaruh strategi pembelajaran pdeode (predict-discuss-explain-observe-discuss-explain) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur teori atom X SMA NEGERI 3 GORONTALO. Skiripsi, Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika Dan Ipa Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing 1 Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si
Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran PDEODE (predict-discuss-explain-observe-discuss-explain) terhadap hasil belajajar siswa pada materi struktur atom hasil belajar yang diukur yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Desain Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimental design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian berjumalah 66 siswa masing-masing pada kelas eksperimen 33 siswa dan kelas control 33 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PDEODE (predict-discuss-explain-observe-discuss-explain) sedangkan kelas control menggunakan pendekatan Expository. Hasil uji validitas tes menunjukan bahwa 20 soal valid dan hasil reabiltas tes. Berdasarkan uji hipotesis yang menggunakan uji t maka diperoleh thitung = 1.680408 menggunakan tabel distribusi t pada taraf signifikansi 5% dan diperoleh harga ttabel (=0.05) = 1.66901. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan thitung > ttabel (1.680408 > 1.66901) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menujukan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran PDEODE terhadap hasil belalajar siswa pada materi struktur atom. Setelah dilakukan pengujian dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan hasil belajar aspek kongnitif antara kelas eksperimen yang mengunakan model pembelajaran PDEODE dan kelas kontrol yang mengunakan pendekatan expository. Nilai rata-rata hasil belajar aspek kongnitif kelas eksperimen sebesar 80,75 dan kelas kontrol sebesar 77,27 Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PDEODE (predict-discuss-explain-observe-discuss-explain) Pda kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan pendekatan expository pada kelas kontrol.
Kata kunci: PDEODE, Hasil belajar, Struktur Atom
Download berkas