Penulis / NIM
APRIANTO MALIU / 441414055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Pembimbing 2 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Abstrak
Aprianto Maliu. 2018. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Keterampilan Metakognisi dengan Pemecahan Masalah Kimia Pada Konsep Kesetimbangan Kimia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Opir Rumape, M.Si. dan Pembimbing II Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) hubungan antara motivasi belajar dengan pemecahan masalah mahasiswa jurusan kimia (2) hubungan antara keterampilan metakognisi dengan pemecahan masalah mahasiswa jurusan kimia dan (3) hubungan antara motivasi belajar dan keterampilan metakognisi dengan pemecahan masalah mahasiswa jurusan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Kimia yang aktif mengikuti perkuliahan yang terdiri dari mahasiswa semester III, dan V Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo berjumlah 153 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel penelitian berjumlah 4 kelas yang mewakili semua mahasiswa tiap semester sebanyak 62 orang yang mewakili populasi mahasiswa semester III dan V. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, tes, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat hubungan motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa jurusan kimia dengan koefisien korelasi sebesar 0,51 dan koefisien determinasi sebesar 26,00% serta thitung yang diperoleh lebih besar dari pada ttabel (4,59 > 2,001), (2) Terdapat hubungan keterampilan metakognisi dengan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa jurusan kimia dengan koefisien korelasi sebesar 0,50 dan koefisien determinasi sebesar 25,39% serta thitung yang diperoleh lebih besar dari pada ttabel (4,51 > 2,001), (3) Terdapat hubungan antara motivasi belajar dan keterampilan metakognisi dengan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa jurusan kimia dengan koefisien korelasi sebesar 0,52 dan koefisien determinasi sebesar 27,49% serta Fhitung yang diperoleh lebih besar dari pada Ftabel (11,18 > 3,15). Dengan persamaan regresi ganda ... = 32,693 + 0,261 X1 + 0,367 X2.
Kata Kunci: motivasi belajar, metakognisi, kesetimbangan kimia
Download berkas