Penulis / NIM
NURAIN H. ISA / 441414064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Pembimbing 2 / NIDN
WIWIN REWINI KUNUSA, S.Pd., M.Si / 0008117006
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media mind mapping terhadap keterampilan metakognitif siswa pada materi reaksi reduksi-oksidasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test control group design. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Telaga Biru. Sampel berjumlah 50 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes keterampilan metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media Mind Mapping terhadap keterampilan metakognitif siswa. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen yaitu sebesar 30,08 dan setelah diterapkan model pembelajaran NHT berbantuan media Mind Mapping rata-rata hasil keterampilan metakognitif siswa 81,00, sedangkan pretest pada kelas kontrol nilai rata-rata tes keterampilan metakognitif yaitu 26,48 dan setelah diterapkan model pembelajaran konvensional diperoleh hasil tes keterampilan metakognitif kelas kontrol sebesar 75,20. Hasil analisis data untuk keterampilan metakogitif siswa menunjukkan bahwa nilai Fhitung untuk keterampilan metakognitif sebesar 12.910, dan signifikan sebesar 0.001 lebih kecil dari nlai alpa 0.05 atau 0.001 < 0.05 maka H0 ditolak, Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan rata-rata keterampilan metakognitif antara kedua kelas tersebut. Sedangkan Fhitung dari metode sebesar 11.732 dengan Sig 0.001 lebih kecil dari nlai alpa 0.05 atau 0.001 < 0.05 maka H0 ditolak.
Kata kunci: Keterampilan Metakognitif, Numbered Heads Together, Reaksi Reduksi-Oksidasi
Download berkas