SKRIPSI

Penulis / NIM
ERIN DWI MARITA / 441414070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
ABSTRAK Erin Dwi Marita. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes dan Pembimbing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat pengaruh strategi REACT dengan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap hasil belajar siswa, serta perbedaan hasil belajar strategi REACT menggunakan metode eksperimen dengan metode demonstrasi, di SMA Negeri 1 Suwawa tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 (kelas A) menggunakan strategi REACT metode demonstrasi dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 (kelas B) menggunakan strategi REACT metode eksperimen. Hasil penelitian menyatakan bahwa berdasarkan hasil uji statistik pengaruh strategi REACT dengan metode demonstrasi membuktikan bahwa thitung = 19,53 lebih besar dari ttabel = 1,78 pada taraf signifikansi 0,05, hasil uji statistik pengaruh metode eksperimen membuktikan bahwa thitung = 18,84 lebih besar dari ttabel = 1,78 pada taraf signifikansi 0,05, hasil uji statistik perbedaan nilai rata-rata hasil belajar membuktikan bahwa thitung = -2,27 lebih kecil dari ttabel = -1,71 pada taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi REACT dengan metode demonstrasi dan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa yang didukung oleh nilai test sebelum diberi perlakuan (pretest) meningkat setelah diberi perlakuan (posttest), serta terdapat perbedaan hasil belajar siswa strategi REACT dengan metode eskperimen dan demonstrasi pada materi larutan penyangga. Kata kunci :Hasil belajar, Strategi REACT, Metode Eksperimen, Metode Demonstrasi Erin Dwi Marita. 2018. The Influence of REACT Learning Strategy with Experimental Method and Demonstration Toward Students' Study Outcomes on Buffer Solution Material. Skripsi, Study Program of Chemistry Education. Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Netty Ino lschak, M.Kes and the co-supervisor is Drs. Mangara Sihaloho,M.Pd. The research was quantitative research which aimed to discover the influence of REACT learning strategy with the experimental method and demonstrate toward students' Study outcomes; also the difference of REACT strategy students' Outcome used the experimental method with demonstration method, at SMA Negeri 1 Suwawa in2017/2018. The research employed one group pretest-posttest design with cluster random sampling technique, the sample obtained from two class which is class XI IPA 1 as experiment class 1 (class A) applying to REACT strategy of demonstration method and class XI IPA 2 as experiment class 2 (class B) applying REACT strategy of the experimental method. The research finding revealed that, the influence of REACT strategy with demonstration method showed that tcount = 19,53 is higher than ttable = 1,78 on the significant value of 0,05, statistic test result of the experimental method influence showed that tcoun = 18,84 is higher that ttable = 1,78 on significant value of 0,05, statistic test result of the difference on the average value of students outcome showed that tcount = -2,27 is lower than ttable = -1,71 on significant vaiue of 0,05. It indicates that there is an influence of REACT strategy with demonstration method and experimental method toward students'study outcome which was assisted by the test value before (pretest) treatments increased after (posttest) treatment, also there is a difference between students' study outcome of REACT strategy with experimental method and demonstration on buffer soiution material. Keywords:Learning Outcome, REACT Strategy, Experimental Method, Demonstration Method
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011