Penulis / NIM
DWI SANTRI DILAPANGA / 441414071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
ABSTRAK
Dwi Santri Dilapanga. 2018. Pengaruh PjBL berbantuan Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Larutan Asam Basa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Netty Ino Ischak. M.Kes dan Pembimbing II Hendri Iyabu. S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL (Project Based Learning) berbantuan Mind Mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa materi larutan asam basa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo Tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan metode Pretest-postest Control Grup Design, yang terdiri dari Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, adapun populasinya yaitu semua siswa SMA Negeri 1 Gorontalo, dengan teknik sampel menggunakan Cluster random sampling yaitu teknik memilih sebuah sampel yang dipilih secara acak sebagai wakil dari populasi. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji deskpritif kualitatif untuk aktivitas belajar, uji korelasi bivariat untuk hubungan aktivitas dan uji hipotesis statistik untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hasil uji hipotesis menggunakan uji t-tes hasil yang didapat dari analisis statistik bahwa (thitung = 24,737 > ttabel = 1,677). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada model PjBL (Project Based Learning) berbantuan Mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan pada materi larutan asam basa.
Kata kunci :Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Model PjBL (Project Based Learning), dan mind mapping
â
ABSTARCT
Dwi Santri Dilapanga. 2018. The Influence of PjBL (Project Based Learning) Intergrated Mind Mapping on Students' Activity and Students' Learning Achievement in Material of Solution of Wet Acid. Skripsi, Study Program of Chemistry, Departement of Chemistry, Faculty of Math and Science, State University of Gorontalo. The Principal supervisor is Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes and the co supervisior is Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si.
The study aims to find out the influence of PjBL (Project Based Learning) intergrated mind mapping on students activity and students' learning achievement in the material of solution of wet acid in class XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo academic year of 2017/2018. The study applies a pretest-posttest control grup design that consits of class XI IPA 1 as the experiment class and class XI IPA 2 as the control class. The population of this study is all the students of SMA Negeri 1 Gorontalo with sampling technique using cluster random sampling that is a techinque in selecting sample randomly as the representation of the population. Data analysis technique used is a descriptive qualitative test for the learning activity, bivariate correlation test for the activity correlation, and statistical hypothesis test for the students' learning achiement. Research findings state that the result of hypothesis test using t-test that (tcount = 24,737 > ttable = 1,677). This shows that there is an influence on PjBL (Project Based Learning) model intergrated mind mapping towards students' activity and students' learning achievement significantly on the material of solution of wet acid.
Keywords : Learning Achievement, Students' Activity, PjBL (Project Based Learning) Model, and Mind Mapping
Download berkas