Penulis / NIM
SITI HARDINA ISMAIL / 441414073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognisi siswa materi larutan penyangga melalui metode pemecahan masalah secara heuristik di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan/ tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Gorontalo yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dari data hasil tes keterampilan metaognisi siswa dan data hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pemecahan masalah secara heuristik dapat meningkatkan keterampilan metakognisi siswa untuk keterampilan merencanakan (planning skills) dari 69,42% pada siklus I meningkat menjadi 86,12% pada siklus II. Keterampilan memantau (monitoring skills) dari 60,58% pada siklus I meningkat menjadi 80,96% pada siklus II, sedangkan untuk keterampilan mengevaluasi (evalution skills) dari 51,73% pada siklus I meningkat menjadi 75,19% pada siklus II. Aktivitas guru meningkat dari 62,86% pada siklus I menjadi 81,90% pada siklus II. Keaktifan siswa meningkat dari 63,37% pada siklus I menjadi 77,69% pada siklus II.
Kata kunci: Keterampilan Metakognisi, Metode Pemecahan Masalah Secara Heuristik, Larutan Penyangga
Abstract
This research aims to improve student's metacognition skill of buffer solution material through heuristic problem solving method in class XI MIPA 3 at SMA Negeri 3 Gorontalo. This research is a classroom action research that conducted in two cycles with each cycle consist of action planning stage, action implementation stage, observation and evaluation stage, analysis and reflection stage. The subject of research were students of class XI MIPA 3 at SMA Negeri 3 Gorontalo, amounting to 26 students. Data collection techniques use test and observation. Data analysis using qualitative descriptive analysis technique. The data of this research is obtained from students' metacognition skill test result and observation result of teachers' and students's activity through observation sheet. The result show that the use of heuristic problem solving method can improve students metacognition skill for planning skills from 69.42% in 1st cycle increased to 86.12% in 2nd cycle. Monitoring skills from 60.58% in 1st cycle increased to 80.96% in 2nd cycle, while for evaluation skills from 51.73% in 1st cycle increased to 75.19% in 2nd cycle. Teacher activity increased from 62.86% in 1st cycle to 81.90% in 2nd cycle. Students activity increased from 63.37% in 1st cycle to 77.69% in 2nd cycle.
Keywords: Metacognition Skills, Heuristic Problem Solving Method, Buffer Solution
Download berkas