Penulis / NIM
HARSYA WIRIAWAN DILAPANGA / 441415002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK
Harsya Wiriawan Dilapanga. 2021.Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri 4 Gorontalo Pada Materi Hidrokarbon. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan Pembimbing II: Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi Hidrokarbon.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Gorontalo yang berjumlah 3 kelas.Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Teknik pengumpulan data menggunakan tes two tier multiple choice sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan gambaran pemahaman konsep siswa untuk indikator mengidentifikasi unsur-unsur dalam senyawa karbon, siswa dalam kategori cukup paham konsep, dengan persentase sebesar 42.11%, untuk indikator mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon siswa dalam kategori kurang paham, dengan persentase sebesar 29.24%, untuk indikator membedakan atom karbon primer, sekunder, tersier dan kuartener, siswa dalam kategori tidak paham konsep, dengan persentase sebesar 12%, untuk indikator mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan, siswa dalam kategori tidak paham, dengan persentase sebesar 17.54%, untuk indikator memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna, siswa dalam kategori tidak paham dengan persentase sebesar 17.54%, dan untuk indikator menentukan titik didih dan hubungannya dengan Mr, siswa dalam kategori kurang paham konsep, dengan persentase sebesar 24.56%. dan untuk indikator menentukan isomer-isomer dalam senyawa hidrokarbon, siswa dalam kategori tidak paham konsep, dengan persentase sebesar 10.53%, dan keselurahan dari semua indikator dikategorikan cukup paham dengan presentase paham konsep sebesar 20.82%.
Kata Kunci :Pemahaman Konsep Siswa, Hidrokarbon.
Download berkas