Penulis / NIM
SRIWANDA VAN SOLANG / 441415004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr YUSZDA K SALIMI, S.Si, M.Si / 0023037106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Abstrak
ABSTRAK
Sriwanda, 2020. Remediasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Asam Basa dengan menggunakan Strategti Konflik Kognitif di Kelas XII MIA MAN 1 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Univeritas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Yuszda K. Salimi, M. Si dan pembimbing II Dr. Masrid Pikoli, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meremediasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran konflik kognitif. Desain penelitian ini yaitu one group pretest posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 95 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsepsi siswa sebelum penerapan strategi konflik kognitif pada materi larutan asam basa terbagi atas: siswa kelas XII MIA 2 yang telah memahami konsep berjumlah 18%, miskonsepsi berjumlah 42%, dan tidak tahu konsep 40%. Pada kelas XII MIA 3 yang memahami konsep berjumlah 24%, miskonsepsi berjumlah 62%, dan tidak tahu konsep berjumlah 14%. Serta pada kelas XII MIA 4 yang memahami konsep berjumlah 11%, miskonsepsi berjumlah 56%, dan tidak tahu konsep berjumlah 33%. (2) Keterlaksanaan sintaks pembelajaran dengan menggunakan strategi konflik kognitif yang dilakukan tergolong dalam kategori sangat baik. Hal ini sudah berhasil membentuk siswa tahu konsep, walaupun masih menyisakan miskonsepsi dan tidak tahu konsep dalam jumlah kecil. (3) Konsepsi siswa sesudah penerapan strategi konflik kognitif yaitu pada kelas XII MIA 2 telah memahami konsep mencapai 81%, walaupun masih terdapat siswa yang mengalami miskonsepsi sebanyak 15% dan tidak tahu konsep sebanyak 5%. Pada kelas XII MIA 3 telah memahami konsep sebanyak 87%, miskonsepsi sebanyak 12%, dan tidak tahu konsep sebnayak 1%. Serta untuk kelas XII MIA 4 siswa yang memahami konsep mencapai 80%, miskonsepsi 16%, dan tidak tahu konsep sebanyak 4%. (4) Reduksi miskonsepsi siswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi konflik kognitif pada konsep larutan asam basa didapatkan hasil uji wilcoxon signed-Rank test dengan taraf signifikansi ������±= 0,05 memberikan hasil pada ketiga kelas secara individu masing-masing berada pada nilai 0,000 dan secara klasikal berada pada nilai 0,002; 0,002 dan 0,002. Dari hasil uji menunjukkan bahwa ������± -value yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, strategi konflik dapat mereduksi miskonsepsi siswa pada konsep larutan asam basa.
Kata kunci: Remediasi, Miskonsepsi, Strategi Konflik Kognitif, Larutan Asam Basa
Download berkas