Penulis / NIM
DAMARA IKA PUTRI / 441415007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
Damara Ika Putri, 2019, Pengaruh Pendekatan Socio Scientific Issue (SSI) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Limboto, Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, M.M dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Socio Scientific Issue (SSI) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi hidrolisis garam di kelas XI SMA Negeri 1 Limboto. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Limboto dengan sampel penelitian berjumlah 107 siswa, untuk kelas eksperimen berjumlah 57 siswa dan kelas kontrol berjumlah 50 siswa. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan SSI dengan model pembelajaran inquiry terbimbing dan kelas kontrol menggunakan pendekatan scientific dengan model pembelajaran discovery learning. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen yaitu tes literasi pada materi hidrolisis garam. Analisis data dilakukan secara statistik menggunakan uji parametrik yaitu uji anacova untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf signifikan sebesar 5%. Berdasarkan uji statistika diperoleh fhitung>ftabel atau 66,48> 3,93 dengan dkA = 1 dan dkD = 104, yang berarti H0 ditolak atau menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan pendekatan pembelajaran Socio Scientific Issue (SSI) terhadap kemampuan literasi sains siswa.
Kata Kunci : Socio Scientific Issue, Literasi Sains.
Download berkas