SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI RAHAYU DETI / 441415009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Pembimbing 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstrak
Sri Rahayu Deti 2020, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II Nita Suleman S.T, M.T. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks) terhadap hasil belajar siswa SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan rancangan posttest-only control design. Sampel penelitian ini berjumlah 54 siswa yaitu sebanyak 27 siswa pada kelas eksperimen dan 27 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Problem Solving sedangkan kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung =21,79 dan ttabel dengan derajat kebebasan (db) = 52, diperoleh ttabel = 1,67, pada taraf signifikan = 5% (0,05). Sehingga jika dibandingkan keduanya maka thitung> ttabel yang berarti H0 ditolak dan H���¬a diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi reduksi oksidasi. Selain itu untuk hasil belajar aspek kognitif dari kelas eksperimen dengan rata-rata 84,81% sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata 69,63%. Aspek afektif dari kelas eksperimen dikategorikan sangat baik, dimana rata-rata kelas eksperimen 85,78% sedangkan kelas kontrol 66, 96% termasuk kategori cukup. Aspek psikomotor dari kelas eksperimen dikategorikan terampil, dimana rata-rata aspek psikomotor kelas eksperimen 83,15% dan kelas kontrol adalah 65,2%. Kata Kunci: Problem Solving, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011