Penulis / NIM
FAZRUR RAHMAN KATILI / 441415011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model Creatife Problem Solving berbantuan flash interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian pre experimental design dengan desain penelitian ..."pretest " postest group design...". Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling, sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas XI Mia 2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan bantuan flash interaktif dan kelas kontrol yaitu kelas XI Mia 3 dibelajarkan dengan metode konvensional. Pengambilan data menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda beralasan, lembar observasi dan lembar anket untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran. Data dianalisis dengan uji gain ternormalisasi, uji normalitas dan uji homogenitas varian serta menggunakan uji statistik menggunakan uji-t, hasil penelitian menunjukan rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu 78,5 > 68,2 dan respon siswa terhadap model CPS sebesar 84,7 berada dalam kategori baik, hasil uji hipotesis menunjukan kelas eksperimen thitung = 3,99 sementara kelas kontrol thitung = 0,87. Berdasarkan taraf signifikasi 5% dengan dk= 30 diperoleh ttabel = 1,701 maka thitung > ttabel. Pada kelas eksperimen Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan flash interaktif efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga.
Download berkas