Penulis / NIM
MEGAWATI ABUBAKAR / 441415030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
Megawati Abubakar. 2019. ..."Pengaruh Pembelajaran Strategi POGIL Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Limboto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Weny J. A Musa, M.Si dan Pembibing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran strategi POGIL terhadap berpikir kritis siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Limboto. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Limboto yang berjumlah 170 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu X IPA 1 dan X IPA 2 yang berjumlah 50 siswa. Kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk essay sebanyak 5 butir soal. Desain penelitian menggunakan Quasy Experimental Disign dengan rancangan pretest-posttest control group design. Analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk 48 diperoleh Thitung 4,535 > Ttabel 1,67722 maka H0 di tolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi POGIL memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan strategi PQ4R terhadap berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Strategi POGIL, Berpikir kritis siswa, Hukum-Hukum Dasar Kimia
Download berkas