Penulis / NIM
YURIKE BLONGKOD / 441415032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Abstrak
Yurike Blongkod, 2019. ..."Pengaruh Strategi POGIL Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA MAN 1 Kota Gorontalo.Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Opir Rumape, M.Si dan Pembimbing II Dr. Masrid Pikoli, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi POGIL terhadap keterampilan proses sains pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA MAN 1 Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental, dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Desain. Sampel Penelitian ini berjumlah 60 siswa yaitu sebanyak 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil uji validitas menunjukkan 10 soal valid dan hasil reliabilitas tes adalah 0,71 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk=58 diperoleh thitung > ttabel atau 4,021 > 1,671, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi POGIL terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA MAN 1 Kota Gorontalo.
Kata kunci: Strategi POGIL, Keterampilan Proses Sains, Hidrolisis Garam
Download berkas