Penulis / NIM
MUNLI PULUHULAWA / 441415033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Abstrak
ABSTRAK
Munli Puluhulawa 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil Belajar siswa pada Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Opir Rumape, M.Si
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa hidrokarbon. Hasil belajar yang diukur adalah aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan Non-equivalent Group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 siswa yaitu sebanyak 29 siswa pada kelas eksperimen dan 29 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan Strategi pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan Strategi Group Resume (Resume Kelompok). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan separated varian. Hasil tesebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 diperoleh Thitung 35,97 > Ttabel 1,67, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil) terhadap hasil belajar siswa dengan hasil aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 84,65% sedangkan pada kelas kontrol 68,79%. Aspek psikomotor dari kedua kelas dikategorikan terampil, rata-rata pada aspek psikomotor antara kelas eksperimen 93,96% dan kelas kontrol adalah 57,41%..
Kata Kunci: POGIL, Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa Hidrokarbon
ABSTRACT
Munli Puluhulawa. 2019. The influence of process oriented guided inquiry lerning (POGIL) Strategy to students leraning outcomes at nomenclature of hydrocarbon compound topic. Skripsi, study program of chemistry education faculty of mathematic and natural science, state university of Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si., and the co-supervisor is Dr. Opir Rumape, M.Si.
The research aimed to find out the influence of the use of process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) strategy on students learning outcomes at nomenclature of the hydrocarbon compound topic. The observed learning outcomes were cognitive, affective, and psychomotor. The research design used Quasi-Experimental with Non Equivalent Group pretest-posttest design. The research samples were 58 students that comparised 29 students at experimental group and 29 students at control group. The experimental group applied Process oriented guided inquiry learning (POGIL) strategy while the control group applied group resume strategy. The result of hypothesis tesing used t-test with separated variant. The result denoted that at significance level of 0,05, it obtained Tcount for 35,97 > Ttable for 1,67, thus H0 was rejected, and H1 was accepted. Consequently, it indicated that there was influence of use of process oriented guided inquiry learning (POGIL) strategy to students learning outcomes where the result of affective aspect of both groups was in good category, and average experimental group was 84,65% while at control group was 68,79%. In addition, the psychomotor aspect of both groups was in skillful category, and the average psychomotor aspect between experimental group was 93,96% and control group was 57,41%.
Keywords : POGIL, Learning Outcomes, Nomenclature of Hydrocarbon Compound
ABSTRAK
Munli Puluhulawa 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil Belajar siswa pada Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Opir Rumape, M.Si
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa hidrokarbon. Hasil belajar yang diukur adalah aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan Non-equivalent Group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 siswa yaitu sebanyak 29 siswa pada kelas eksperimen dan 29 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan Strategi pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan Strategi Group Resume (Resume Kelompok). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan separated varian. Hasil tesebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 diperoleh Thitung 35,97 > Ttabel 1,67, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil) terhadap hasil belajar siswa dengan hasil aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 84,65% sedangkan pada kelas kontrol 68,79%. Aspek psikomotor dari kedua kelas dikategorikan terampil, rata-rata pada aspek psikomotor antara kelas eksperimen 93,96% dan kelas kontrol adalah 57,41%..
Kata Kunci: POGIL, Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa Hidrokarbon
ABSTRACT
Munli Puluhulawa. 2019. The influence of process oriented guided inquiry lerning (POGIL) Strategy to students leraning outcomes at nomenclature of hydrocarbon compound topic. Skripsi, study program of chemistry education faculty of mathematic and natural science, state university of Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si., and the co-supervisor is Dr. Opir Rumape, M.Si.
The research aimed to find out the influence of the use of process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) strategy on students learning outcomes at nomenclature of the hydrocarbon compound topic. The observed learning outcomes were cognitive, affective, and psychomotor. The research design used Quasi-Experimental with Non Equivalent Group pretest-posttest design. The research samples were 58 students that comparised 29 students at experimental group and 29 students at control group. The experimental group applied Process oriented guided inquiry learning (POGIL) strategy while the control group applied group resume strategy. The result of hypothesis tesing used t-test with separated variant. The result denoted that at significance level of 0,05, it obtained Tcount for 35,97 > Ttable for 1,67, thus H0 was rejected, and H1 was accepted. Consequently, it indicated that there was influence of use of process oriented guided inquiry learning (POGIL) strategy to students learning outcomes where the result of affective aspect of both groups was in good category, and average experimental group was 84,65% while at control group was 68,79%. In addition, the psychomotor aspect of both groups was in skillful category, and the average psychomotor aspect between experimental group was 93,96% and control group was 57,41%.
Keywords : POGIL, Learning Outcomes, Nomenclature of Hydrocarbon Compound
ABSTRAK
Munli Puluhulawa 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil Belajar siswa pada Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Opir Rumape, M.Si
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa hidrokarbon. Hasil belajar yang diukur adalah aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan Non-equivalent Group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 siswa yaitu sebanyak 29 siswa pada kelas eksperimen dan 29 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan Strategi pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan Strategi Group Resume (Resume Kelompok). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan separated varian. Hasil tesebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 diperoleh Thitung 35,97 > Ttabel 1,67, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil) terhadap hasil belajar siswa dengan hasil aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 84,65% sedangkan pada kelas kontrol 68,79%. Aspek psikomotor dari kedua kelas dikategorikan terampil, rata-rata pada aspek psikomotor antara kelas eksperimen 93,96% dan kelas kontrol adalah 57,41%..
Kata Kunci: POGIL, Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa Hidrokarbon
ABSTRACT
Munli Puluhulawa. 2019. The influence of process oriented guided inquiry lerning (POGIL) Strategy to students leraning outcomes at nomenclature of hydrocarbon compound topic. Skripsi, study program of chemistry education faculty of mathematic and natural science, state university of Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si., and the co-supervisor is Dr. Opir Rumape, M.Si.
The research aimed to find out the influence of the use of process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) strategy on students learning outcomes at nomenclature of the hydrocarbon compound topic. The observed learning outcomes were cognitive, affective, and psychomotor. The research design used Quasi-Experimental with Non Equivalent Group pretest-posttest design. The research samples were 58 students that comparised 29 students at experimental group and 29 students at control group. The experimental group applied Process oriented guided inquiry learning (POGIL) strategy while the control group applied group resume strategy. The result of hypothesis tesing used t-test with separated variant. The result denoted that at significance level of 0,05, it obtained Tcount for 35,97 > Ttable for 1,67, thus H0 was rejected, and H1 was accepted. Consequently, it indicated that there was influence of use of process oriented guided inquiry learning (POGIL) strategy to students learning outcomes where the result of affective aspect of both groups was in good category, and average experimental group was 84,65% while at control group was 68,79%. In addition, the psychomotor aspect of both groups was in skillful category, and the average psychomotor aspect between experimental group was 93,96% and control group was 57,41%.
Keywords : POGIL, Learning Outcomes, Nomenclature of Hydrocarbon Compound
Download berkas