SKRIPSI

Penulis / NIM
SANDRILA H. POPA / 441415036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Pembimbing 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstrak
Sandrila H. Popa. 2019. ..."Pengarum Model Pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Suwawa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II Nita Suleman, S.T, M.T. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap kemampuan berpikir Kritis sisiwa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test control group design. Penelitian ini dilakukan di kelas X I IPA SMA Negeri 1 Suwawa. Sampel berjumlah 58 siswa yang tersebar didua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dan kelas kontrol berjumlah 29 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen yaitu tes materi larutan penyangga. Analisis data dilakukan menggunakan uji -t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil statistika diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen yaitu 37,01 dan nilai rata-rata post-tes yaitu 71,84. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pre-test sebesar 33,10 dan nilai rata-rata post-tes yaitu 62,30. Hasil analisis data untuk kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung sebesar 2.67 dan ttabel sebesar 1.67. hasil pengujian yang diperoleh menunjukan bahwa thitung berada di daerah penerimaan Ha yaitu thitung > ttabel (2.67 > 1.67). dengan demkian H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 0,05 (5%), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap kemempuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Suwawa. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Guided Inquiry (GI), Larutan Penangga
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011