Penulis / NIM
CHIKA MEYSI SAIDI / 441415040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
ABSTRAK
Chika Meysi Saidi, 2022. Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur di MAN 1 Gorontalo.Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing IProf.Dr. Ishak Isa, M.Si dan Pembimbing IIDr. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi sistem periodik unsur di MAN 1 Gorontalo. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Gorontalo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Gorontalo yang berjumlah 40 orang. Pengukuran kemampuan pemahaman konsep siswa dilakukan dengan menggunakan instrument berupa tes objektif dan uraian yang berjumlah 15 butir soal yang didasarkan pada 4 indikator dimana untuk masing-masing indikator terdapat 3 kategori yaitu kurang paham konsep, tidak paham konsep, dan paham konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep pada indikator (1) adalah 26.25% untuk siswa yang paham konsep, 22.5% untuk siswa yang kurang paham konsep dan 51,25% untuk siswa yang tidak paham konsep. Sedangkan pada indikator (2) untuk siswa yang paham konsep adalah sebesar 32.5%, siswa yang kurang paham konsep adalah sebesar 17.5% dan siswa yang tidak paham adalah sebesar 50%. Sementara untuk indikator (3) didapatkan hasil sebesar 20.84% siswa yang paham konsep, 21.66% siswa yang kurang paham konsep dan 57.55% siswa yang tidak paham konsep. Dan untuk indikator (4) didapatkan hasil sebesar 25.28% untuk siswa yang paham konsep, 17.77% siswa yang kurang paham konsep dan 56.95% untuk siswa yang tidak paham konsep.
Kata Kunci :Pemahaman Konsep, Sistem Periodik Unsur
Download berkas