SKRIPSI

Penulis / NIM
RISCIANA YUSUF / 441415045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Pembimbing 2 / NIDN
WIWIN REWINI KUNUSA, S.Pd., M.Si / 0008117006
Abstrak
Risciana Yusuf, 2021. Pengaruh Strategi Pembelajaran Joyful Learning Melalui Chemical Bonding Game Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Mia SMA Negeri 1 Telaga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II: Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Joyful Learning melalui Chemical Bonding Game terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eeksperimen dengan desain . Pretest-Posttest group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen sedangkan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Instrumen tes dalam bentuk objektif. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat pengaruh pembelajaran Joyful Learning menggunakan Chemical Bonding Game. Hasil penelitian pada Kemampuan awal rata-rata (pretes) kelas eksperimen 23,18 dan kelas kontrol 25,21 masih sangat rendah, pada kemampuan akhir rata-rata (posttes) kelas eksperimen 76,788 dan kelas kontrol 67,242. Hasil hipotesis menunjukan thitung = 3,601 dengan taraf signifikasi 5% dan dk = 64 diperoleh ttabel = 1,669. Berdasarkan hasil uji hipotesis, jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Joyful Learning dengan menggunakan media Chemical Bonding Game memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: Joyful Learning, Chemical Bonding Game, Prestasi Belajar, Ikatan Kimia
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011