Penulis / NIM
RISCIANA YUSUF / 441415045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Pembimbing 2 / NIDN
WIWIN REWINI KUNUSA, S.Pd., M.Si / 0008117006
Abstrak
Risciana Yusuf, 2021. Pengaruh Strategi Pembelajaran Joyful Learning Melalui Chemical Bonding Game Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Mia SMA Negeri 1 Telaga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II: Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Joyful Learning melalui Chemical Bonding Game terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eeksperimen dengan desain . Pretest-Posttest group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen sedangkan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Instrumen tes dalam bentuk objektif. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat pengaruh pembelajaran Joyful Learning menggunakan Chemical Bonding Game. Hasil penelitian pada Kemampuan awal rata-rata (pretes) kelas eksperimen 23,18 dan kelas kontrol 25,21 masih sangat rendah, pada kemampuan akhir rata-rata (posttes) kelas eksperimen 76,788 dan kelas kontrol 67,242. Hasil hipotesis menunjukan thitung = 3,601 dengan taraf signifikasi 5% dan dk = 64 diperoleh ttabel = 1,669. Berdasarkan hasil uji hipotesis, jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Joyful Learning dengan menggunakan media Chemical Bonding Game memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci: Joyful Learning, Chemical Bonding Game, Prestasi Belajar, Ikatan Kimia
Download berkas