Penulis / NIM
SUKMAWATI MOKOAGOW / 441415046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. AKRAM LA KILO, S.Pd., M.Si / 0011047702
Abstrak
Sukmawati Mokoagow, 2022. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Tingkat Representasi Makroskopik, Mikroskopik dan Simbolik Menggunakan Tes Five-Tier Multiple Choice Di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Akram La Kilo, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui level miskonsepsi siswa dan sumber penyebab terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Gorontalo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 34 responsen. Pengukuran miskonsepsi siswa dilakukan dengan menggunakan instrument tes five-tier multiple choice yang berjumlah 12 butir soal yang tersebar dalam 6 indikator materi larutan penyangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level miskonsepsi siswa pada materi larutan penyangga menggunakan tes five-tier multiple choice tingkat representasi makroskopik sebesar 20.59%, mikroskopik sebesar 14.71 % dan simbolik sebesar 16.67% berada pada kategori rendah. Dan sumber penyebab miskonsepsi terdapat pada sumber pemikiran sendiri dengan rata-rata nilai persentase sebesar 79.86%dan rata-rata tingkat keyakinan sebesar 3.10.
Kata kunci: Miskonsepsi siswa, Larutan Penyangga.
Download berkas