Penulis / NIM
FADILA KARIM / 441415047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
Fadila Karim, 2022. Analisis Miskonsepsi Ikatan Kimia Menggunakan Diagnostic Test Multiple Choice Berbantuan Certainty Of Response Index pada Siswa SMA Negeri 1 Kabila. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes dan Pembimbing II: Erni Mohamad, S.Pd., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas X di SMA 1 Kabila pada materi ikatan kimia dengan menggunakan instrumen Diagnostic Test Multiple Choice berbantuan Certainty of Response Index. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah Three-tier multiple choice. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas X IPA SMA Negeri 1 Kabila dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Data penelitian diperoleh dari jawaban siswa pada soal three-tier multiple choice dan diolah berdasarkan pola jawaban siswa yang kemudian di kelompokan kedalam kategori paham konsep, miskonsepsi error 1, miskonsepsi error 2, miskonsepsi error 3 dan tidak paham konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori miskonsepsi error 1 (MK1) memiliki persentase sebesar 3.22%, miskonsepsi error 2 (MK2) memiliki persentase sebesar 8,55%, miskonsepsi error 3 (MK3) sebanyak 19,34% sedangkan kategori paham konsep didapatkan persentase sebesar 12,5% dan tidak paham konsep sebesar 56,32%.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Diagnostic Test Multiple Choice, Certainty Of
Response Index, Ikatan Kimia
Download berkas